RPP “Proses Islamisasi di Indonesia”

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 A.    Identitas Sekolah

Nama Sekolah             : …………………………..

Mata Pelajaran           : Sejarah

Program                        : IPS

Kelas/ semester          : XI/ 1

Alokasi waktu              : 1×45 menit

B.     Standart Kompetensi

Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara tradisional

C.    Kompetensi Dasar

Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia

D.    Indikator

  • Mendeskripsikan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui perdagangan
  • Mendeskripsikan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui perkawinan
  • Mendeskripsikan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui pendidikan
  • Mendeskripsikan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui kesenian

E.     Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menjelaskan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui perdagangan
  • Siswa dapat menjelaskan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui perkawinan
  • Siswa dapat menjelaskan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui pendidikan
  • Siswa dapat menjelaskan mengenai proses masuknya Islam ke Indonesia melalui kesenian

F.     Materi Pembelajaran

  • Proses masuknya dan berkembangnya Islam di Indonesia melalui 4 jalur, yakni perdagangan, perkawinan, pendidikan dan kesenian (lampiran 1)

G.    Metode Pembelajaran

  • Ceramah, tanya jawab, diskusi dan presentasi (model numbered-head together)

H.    Kegiatan Pembelajaran

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Apersepsi

  • Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, dll).
  • Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
  • Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai kepada siswa.

5 menit

2.

Eksplorasi

  • Guru memberikan point-point tentang empat jalur proses masuknya Islam di Indonesia.
  • Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok.
  • Guru bertanya ke setiap kelompok siapa yang nomer 1, 2, dst.
  • Guru memberikan materi tentang empat jalur proses masuknya Islam di Indonesia.
  • Guru memberikan pertanyaan ke masing-masing kelompok (slide ppt, lampiran 2)
  • Masing-masing delegasi kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi

30 menit

3.

Konfirmasi

  • Guru memberikan simpulan terhadap pembelajaran hari ini.
  • Melaksanakan post test (slide ppt, lampiran 3)

10 menit

I.       Sumber

  • Gambar-gambar seperti gambar Wali Songo, Masjid Agung Demak, dll.
  • Buku Sejarah Nasional Indonesia jilid 2 dari Nugroho Notosusanto

J.      Penilaian

Ada penilaian kelompok dan individu. Kriteria lebih jelasnya mengenai penilaian kelompok ada di lampiran 4. Sedangkan soal-soal untuk penilaian individu terdapat dalam slide ppt dan juga lampiran 3.

 

……………., …………………

Kepala SMA ………………………..                         Guru Mata Pelajaran

……………………………                                                …………………………………

NIP. …………………….                                               NIP. …………………………

download lampiran 1

download lampiran 2

download lampiran 3

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s